• adminbakti
  • 03 October 2023

Festival Forum Kawasan Timur Indonesia IX: Kolaborasi, Inovasi, Pembangunan Berkelanjutan

Festival Forum Kawasan Timur Indonesia ke-IX (Festival FKTI IX) tahun 2023 diselenggarakan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perayaan kemajuan dan inovasi pembangunan Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini berlangsung selama dua hari, 26-27 Juli 2023, di Hotel Harper Kupang.

Festival FKTI IX diikuti 1000 peserta baik yang hadir secara luring mau pun daring. Di antara para peserta tersebut merupakan perwakilan dari pemerintah nasional dan pemerintah daerah, mitra pembangunan internasional dan nasional, organisasi non-pemerintah, akademisi, sektor swasta, pemuda, petani, nelayan, masyarakat adat, profesional, jurnalis, mahasiswa, dan pemerhati KTI. Mereka diajak untuk bertukar pengetahuan, bertukar solusi, bertukar informasi, dan memperluas jaringan untuk dapat meningkatkan capaian serta mengembangkan kolaborasi dan inovasi.

Kota Kupang dikenal sebagai city of coral – kota dengan anugerah karang hampir di seluruh permukaan daratannya. Karang adalah karakter kuat yang pantang menyerah, hidup secara berkelompok dan tangguh dalam menghadapi segala musim. Inilah yang diperlukan untuk membangun kolaborasi untuk menciptakan inovasi demi pembangunan yang berkelanjutan. Filosofi ini sejalan dengan tema Festival FKTI IX yaitu “Kolaborasi, Inovasi dan Pembangunan Berkelanjutan”.

Kisah-kisah pembelajaran yang hadir di Festival FKTI IX terdiri dari lima praktik cerdas, sembilan inspirator, 17 side events dan 20 booth pameran. Berbagai praktik cerdas dan kisah inspirasi tersebut lahir sebagai upaya untuk menaklukkan tantangan pembangunan yang dikembangkan melalui inovasi dan kolaborasi. Pada saat bersamaan, upaya tersebut sekaligus mendukung keberlanjutan. Festival FKTI IX juga menyajikan pertunjukan budaya untuk memperkenalkan budaya masyarakat NTT yang kaya melalui sajian musik, tari, lagu dan pantun untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya NTT dan kebanggaan masyarakat NTT akan budayanya.

Ada yang baru di Festival FKTI IX yaitu Local Champion Incubator. Program ini merupakan kerja sama Yayasan BaKTI dengan Pemerintah Provinsi NTT. Local Champion Incubator menghasilkan lima penggerak perubahan sosial dari berbagai desa di Provinsi NTT yang siap membuat perubahan sosial untuk kemajuan bumi Flobamora. 

Pada akhirnya, semua pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan KTI ini diharapkan dapat memperkuat harmonisasi pembangunan serta meningkatkan manajemen program dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional.

Selengkapnya kunjungi:  https://bakti.or.id/forum-kti