Bantuan Tunai BANGGA Papua Menjangkau Tempat Terpencil.

Program BANGGA (Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera), yang didukung oleh KOMPAK dan MAHKOTA, adalah program perlindungan sosial khas Provinsi Papua yang bertujuan meningkatkan gizi dan kesehatan anak Orang Asli Papua (OAP) yang berusia di bawah empat tahun.  Dengan menggunakan dana otonomi khusus (otsus), Pemprov Papua akan memberikan dana untuk setiap anak sebesar Rp 200.000 per bulan. 
Dukungan BaKTI terhadap Program BANGGA Papua adalah menghasilkan strategi komunikasi dan kelengkapannya serta meningkatkan kapasitas komunikasi Sekber (Sekretariat Bersama) di tingkat provinsi dan kabupaten. Kelengkapan strategi komunikasi yang menjadi mandat BaKTI antara lain mendesain materi-materi komunikasi dan memproduksi mock-upnya. Sementara peningkatkan kapasitas komunikasi dilakukan dengan menyusun modul pelatihan ToT (Training of Trainer) komunikasi,  melaksanakan ToT di tiga kabupaten uji coba (Asmat, Lanny Jaya dan Paniai), serta mendampingi sekber kabupaten dalam mengimplementasikan strategi komunikasi di tiap kabupaten. 

Berikut adalah highlights beberapa kegiatan selama bulan Oktober-Desember 2020:
 

Webinar Nasional BANGGA Papua

BANGGA PAPUA

Mitra pembangunan MAHKOTA bekerja sama dengan Katadata menggelar webinar nasional BANGGA Papua yang bertajuk: Bantuan Tunai Menjangkau Tempat Terpencil. Pelaksanaan webinar ini dilakukan di tanggal 16 November 2020 dengan menghadirkan narasumber seperti:
•    Andri Damir, ketua Sekber BANGGA Papua Provinsi Papua.
•    Kharisma Huda, senior social protection and labour market specialist MAHKOTA.
•    Heracles Lang, special autonomy improvement leader KOMPAK.
•    Anton Tarigan, BANGGA Papua operation leader
•    Serta tiga perwakilan dari Sekber kabupaten implementasi BANGGA Papua.
Dalam webinar yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Bappenas, para narasumber memaparkan data dan capaian program BANGGA Papua sejak diluncurkan oleh Gubernur Lukas Enembe di tahun 2017. Selain capaian dan data, para pelaksana program juga menceritakan beratnya tantangan serta strategi yang mereka usung untuk menghadapi tantangan-tantangan di lapangan tersebut.
Dalam webinar tersebut, perwakilan Bappenas Republik Indonesia memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk program yang menurut mereka berhasil dilaksanakan sesuai dengan kontekstual Papua.

Pendampingan untuk kontributor website BANGGA Papua.
Website BANGGA Papua adalah saluran informasi resmi tentang program BANGGA Papua. Di dalam website tersebut berisi cerita dan berita tentang pelaksanaan program, baik itu tentang progres, atau tentang cerita di balik program.
Website tersebut dipersiapkan untuk diisi oleh para kontributor yang berasal dari anggota Sekber Kabupaten maupun Sekber Provinsi. KOMPAK-BaKTI sebagai mitra pembangunan memberikan pendampingan kepada para kontributor website lewat grup WhatsApp. Para kontributor diajak untuk membuat atau mencari tulisan tentang program BANGGA Papua yang kemudian akan diolah, disesuaikan dengan standar website BANGGA Papua sebelum diunggah ke dalam website.
Dari pendampingan tersebut, dua buah tulisan telah dihasilkan oleh seorang kontributor bernama Jimmy Yikwa dari Sekber Lanny Jaya. Tulisan tersebut berjudul:
•    Nama Program Akan Berbeda, Tapi Nama Anak Akan Tetap Ada, ditayangkan tanggal 5 November 2020.
•    Kesan Baik BANGGA Papua, ditayangkan tanggal 25 November 2020.
Sampai hari ini, pendampingan tersebut masih terus berjalan.
 
Tulisan dari Jimmy Yikwa yang tayang di website BANGGA Papua
 
Webinar nasional BANGGA Papua

Sharing Session dengan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat.
Pelaksanaan program perlindungan sosial kontekstual Papua yang diberi nama BANGGA Papua rupanya sudah menarik banyak perhatian berbagai pihak. BANGGA Papua dengan berbagai keunikannya memang dirasa sangat pas dengan konteks Papua beserta semua tantangannya.
Setelah sebelumnya webinar nasional tentang pelaksanaan BANGGA Papua berhasil dilaksanakan, berikutnya adalah giliran Pemerintah Provinsi Papua Barat yang akan jadi tamu dalam sharing session atau sesi berbagi pengalaman.  Sesi berbagi pengalaman ini adalah tentang implementasi program perlindungan sosial kontekstual Papua yang sudah berjalan sejak akhir 2017 di Provinsi Papua.
Sharing session ini juga akan menghadirkan beberapa mitra pembangunan yang selama ini sudah membantu pelaksanaan BANGGA Papua di Provinsi Papua.
Dalam sharing session ini, ketua Sekretariat Bersama BANGGA Papua Provinsi Papua, Andri Damir memberikan gambaran utuh tentang pelaksanaan program BANGGA Papua. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, tantangan, sampai capaian-capaian positif dari program tersebut. Papua Barat yang diwakili oleh Asisten III Provinsi Papua Barat, Reymond Yap. SE, MTP dan beberapa orang stafnya mengaku tertarik untuk mengadopsi model perlindungan sosial seperti yang dikerjakan oleh BANGGA Papua, dan gambaran yang diberikan oleh Andri Damir menurut mereka sangat utuh untuk memberikan masukan bagi mereka untuk melaksanan program yang sama di Papua Barat.
 

BANGGA PAPUA

Kegiatan Penting Lainnya:

1.    Kampanye Lewat Kanal Media Sosial Pemprov Papua.
Setiap minggu, tim komunikasi KOMPAK-BaKTI membantu Sekber BANGGA Papua Provinsi Papua untuk mengkampanyekan beragam informasi tentang BANGGA Papua lewat media sosial milik pemerintah Provinsi Papua. Selain informasi tentang program, sesekali ditayangkan juga informasi dan anjuran tentang pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung.
Berikut adalah isi dari kampanye lewat kanal media sosial tersebut:
Bulan Oktober 2020:
a.    “Cara Mencegah Corona”, tayang tanggal 7 Oktober 2020.
b.    “Meningkatkan Kapasitas Orang Asli Papua”, tayang tanggal 14 Oktober 2020.
c.    “Menjangkau yang Belum Terjangkau,” tayang tanggal 19 Oktober 2020.
d.    “Memberdayakan Perempuan Papua,” tayang tanggal 26 Oktober 2020.
Bulan November 2020:
a.    “Pencairan Dana di Paniai,” tayang tanggal 2 November 2020.
b.    “Corona Masih Ada,” tayang tanggal 10 November 2020.
c.    “Profil Penerima Manfaat BANGGA Papua,” tayang tanggal 17 November 2020.
d.    “Sharing Session Dengan Pemprov Papua Barat,” tayang tanggal 23 November 2020.
e.    “Testimoni Anggota Sekber Lanny Jaya,” tayang tanggal 30 November 2020.
Bulan Desember 2020:
a.    “Tetap Waspada COVID-19”, tayang tanggal 8 Desember 2020.
b.    “Pemberdayaan Perempuan Papua,” tayang tanggal 15 Desember 2020.
c.    “Selamat Natal dan Tahun Baru,” tayang tanggal 23 Desember 2020.
d.    “Hindari Kerumunan, COVID-19 masih ada,” rencana tayang di minggu terakhir Desember 2020.

BANGGA PAPUA

Instagram Live di akun @InfoBaKTI

Melanjutkan undangan untuk tampil secara live di akun Instagram @InfoBaKTI, pada periode Oktober-Desember 2020 ini pelaksana program BANGGA Papua kembali hadir. Kali ini adalah giliran Bank Papua yang merupakan salah satu mitra pelaksana program BANGGA Papua.

Dalam kegiatan ini, Natalia Sawaki dari Bank Papua hadir mengisi live Instagram yang digelar tanggal 21 Oktober 2020. Natalia memberikan informasi tentang bagaimana peran Bank Papua selama ini, strategi yang diterapkan untuk melayani para penerima manfaat yang sebagian malah tinggal jauh di pedalaman, tantangan, serta capaian-capaian dari sisi Bank Papua.

Pertemuan Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun 2020, tim komunikasi BANGGA Papua mengadakan pertemuan akhir tahun yang digelar tanggal 14-15 Desember 2020 di kantor Yayasan BaKTI di Makassar. pertemuan ini dimaksudkan untuk memberikan laporan menyeluruh tentang kegiatan apa saja yang telah dilakukan selama kurun waktu 2020 di program BANGGA Papua. Selain itu, pertemuan juga dimaksudkan untuk membuat rencana kegiatan di tahun 2021 serta hal-hal lain yang dianggap penting untuk dibahas.

Hadir dalam pertemuan ini, selain tim komunikasi BANGGA Papua adalah Direktur Eksekutif BaKTI, tim komunikasi BaKTI, serta tim operasional BaKTI.