Alumni Program INSPIRASI , Sharing Proyek Terapan

Merebaknya virus Covid-19 sejak Maret 2020 hingga sekarang sangat memengaruhi hampir semua tatanan aktivitas kehidupan di seluruh dunia termasuk Selandia Baru dan Indonesia. Hal ini berdampak pula terhadap Program INSPIRASI. UnionAID dan BaKTI akhirnya memutuskan untuk menunda hampir sebagian besar kegiatan Program INSPIRASI yang sudah direncanakan tahun 2020 ke tahun 2021 seperti keberangkatan peserta tahun 2020 ke Selandia Baru, pertemuan Alumni INSPIRASI, dan monitoring proyek terapan. Namun demikian, UnionAID dan BaKTI bersepakat untuk melaksanakan beberapa kegiatan pengganti selama masa pandemi Covid-19 ini. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah diskusi online live di Instagram BaKTI, dukungan untuk proyek terapan Alumni 2018 dan 2019, serta co-design membangun jaringan alumni lintas young leaders programme.

Diskusi Online Live di Instagram Story @InfoBaKTI 
Sejak April 2020 lalu BaKTI menggelar diskusi online live di Instagram BaKTI @infobakti yang mengangkat berbagai tema termasuk pengalaman para alumni INSPIRASI ketika mengikuti program selama 6 bulan di Selandia Baru dan proyek terapan yang mereka kerjakan setelah kembali ke Indonesia.  Selama periode April-Juni 2020, beberapa alumni yang hadir berbagi inspirasi adalah:

INSPIRASI

Tanggal 7 Mei 2020, narasumber Nur Syarif Ramadhan, Alumni Program INSPIRASI 2019 dan Staf PerDIK (Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan) Sulawesi Selatan. Syarif berbagi pengalaman selama di Selandia Baru, bagaimana pemerintah di sana mengakomodasi warga difabel dalam mengakses pendidikan inklusif dan berkesempatan mengunjungi salah satu institusi pendidikan inklusif bernama BLENNZ (Blind and Lowvision Education Network New Zealand).  BLENNZ adalah tempat rehabilitasi sosial bagi seorang blind atau low-vision yang baru menjadi difabel ketika dewasa. Setelah kembali ke Indonesia akhir 2019, Syarif menginisiasi terbentuknya kelompok mahasiswa dan pelajar yang nantinya akan mengadvokasi pemerintah maupun pengelola pendidikan untuk mengupayakan tersedianya berbagai macam aksesibilitas yang dapat menunjang kemandirian seorang pelajar dan mahasiswa disabilitas di lingkungan kampus dan sekolah hingg terbentuknya komunitas GEMPARKAN (Gerakan Mahasiswa dan Pelajar untuk Inklusi dan Kesetaraan). Di masa pandemi COVID-19, Syarif bersama PerDIK Sulsel bergerak menolong sesama kaum difabel khususnya lansia yang terdampak ekonomi dengan mengumpulkan dan menyalurkan donasi berupa sembilan bahan pokok.

INSPIRASI

Tanggal 14 Mei 2020 dengan narasumber Tirsana Wendry Kailola, alumni program INSPIRASI 2018 dan staf Hekaleka Maluku. Tirsa berbagi cerita tentang Program Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sebuah program pelatihan untuk para pendidik PAUD dalam berbagai kegiatan pengembangan dan peningkatan guru dan anak di di 3 pulau terpencil di Maluku yakni Pulau Saparua, Pulau Kisar dan Pulau Moa. Sebuah kebanggaan dan keharuan bagi Tirsa ketika melihat guru dan orang tua telah berubah sikap dan terhadap anak dimana awalnya pendekatan ke ke anak sangat keras dan kadang menggunakan fisik akhirnya berubah dengan penuh kasih sayang setelah mengikuti program ini. Selama masa pandemi COVID-19 ini, Tirsa dan Hekaleka membuat kelas parenting dan lomba kreasi anak secara online.  Manfaat dari kegiatan ini, selain memberikan edukasi positif kepada orangtua tentang cara mendidik anak, juga menjadi langkah awal untuk memperkenalkan model pembelajaran online bagi para orang tua dan anak.

INSPIRASI

Tanggal 4 Juni 2020 dengan narasumber Ester Elisabeth Umbu Tara (Ete), alumni program INSPIRASI 2018 dan relawan di Perkumpulan PIKUL NTT. Ete berbagi cerita tentang ketertarikannya yang sangat kuat terhadap pangan lokal. Bukan hanya menanam saja tetapi ikut mengkampanyekan pangan lokal melalui resep-resep lokal yang dikumpulkan dari perempuan-perempuan di empat desa di Pulau Timor.  Dengan  dukungan dana dari program INSPIRASI melalui proyek terapan setelah balik ke Indonesia, Ete melaksanakan proyek “People, Land and Food”. Sebuah proyek yang salah satunya adalah membuat buku resep berbasis pangan lokal di beberapa desa yang menjadi dampingan organisasi Perkumpulan PIKUL, tempatnya bekerja. Bukan hanya resep yang dikumpulkan, tapi ada juga arsip visual untuk makanan dan perempuan yang menanamnya agar masyarakat semakin ingin tahu tentang suatu pangan lokal.  

INSPIRASI

Tanggal 18 Juni 2020 dengan narasumber Andi Arifayani alumni program INSPIRASI 2018 dan staf LemINA Makassar. Ifa berbagi cerita tentang Program Pencegahan Pelecehan Seksual terhadap Anak di Sekolah. Lewat program ini, guru di salah satu sekolah dasar terpilih di Makassar diberikan pelatihan dan pengenalan modul yang terbagi dalam beberapa bagian besar yaitu mengenali anggota tubuh, mengenali lingkungan sekitar, berani menolak dan berkata tidak, serta mengenal jenis-jenis rahasia. Untuk kelas lebih tinggi yaitu kelas 5-6 diberikan tambahan materi tentang mencegah pornografi. Modul ini dapat diakses di website www.lemina.org 

INSPIRASI

 Tanggal 25 Juni 2020, dengan narasumber Serlinia Rambu Anawoli, alumni program INSPIRASI 2018 dan Sekretaris KPI – Koalisi Perempuan Indonesia Cabang Kota Kupang. Serly berbagi pengalaman di Selandia Baru belajar isu perempuan dan gender justice bahkan diberikan kesempatan untuk berbicara tentang isu keadilan gender di NTT dalam sebuah pertemuan perempuan Selandia Baru cabang Auckland. Serly juga bercerita tentang semangat perempuan lewat kumpulan cerita 10 orang perempuan inspiratif di Kupang dan Timor Tengah Selatan mengenai aktivitas mereka sehari-hari di rumah, komunitas dimana ia bergabung dan bagaimana mereka terlibat dalam gerakan-gerakan untuk sebuah perubahan sosial. 

Selama masa pandemi ini, UnionAID juga akan membangun suatu jaringan kolaborasi alumni lintas young leaders programme di beberapa negara. Sebuah tim desain telah dibentuk untuk menentukan cara terbaik membangun jaringan ini yang bertujuan untuk dapat memperkuat jaringan di setiap negara maupun lintas negara. Tim desain melibatkan perwakilan dari setiap program, yakni Mindanao Young Leaders Programme, Indonesia Young Leaders Programme dan Myanmar Young Leaders Programme, BaKTI serta Tim UnionAID sendiri. 

Informasi terkini mengenai program INSPIRASI dapat mengunjungi www.batukarinfo.com/inspirasi